IT MERCUSUAR BLOG, Kumpulan tulisan seputar IT. Artikel, Tips dan trik, kutipan berita, dll.

Jumat, 09 Juli 2010

Pemrograman Web dengan PHP (Bag. 3)

Variabel pada PHP

PHP mendukung beberapa jenis variabel sebagai berikut:

  1. integer. Variabel berjenis integer bertujuan untuk menyimpan bilangan bulat (tidak termasuk bagian pecahan dan/atau pemangkatannya).
  2. double. Double digunakan untuk menyimpan bilangan bernilai pecahan dan juga bilangan pemangkatan.
  3. string. String merupakan jenis data karakter yang disimpan sebagai nomor pada memori komputer. Nilai yang disimpan adalah nilai ASCII karakter string tersebut.
  4. array. Array adalah sebuah set variabel yang mempunyai jenis data yang sama. Array mengandung komponen yang dinamakan elemen. Elemen-elemen sebuah array disimpan pada lokasi tertentu pada memori.
  5. object. Jenis variabel object adalah berdasarkan gambaran objek pada dunia nyata, yang mempunyai “status” dan “tingkah laku”. Sebuah variabel object menyimpan statusnya dalam bentuk variabel dan tingkah lakunya berupa parameter.
  6. pdfdoc (hanya bila dukungan PDF diaktifkan).
  7. pdfinfo (hanya bila dukungan PDF diaktifkan).

Jenis variabel biasanya tidak ditentukan oleh pemrogram, melainkan ditentukan oleh PHP saat runtime, tergantung pada konteks apa variabel itu digunakan. Misalkan variabel “coba” berisikan nilai string, atau integer bila berisi nilai integer. Contoh :


Konversi String

Ketika sebuah variabel berisikan nilai string diproses sebagai numerik, nilai dan jenis hasilnya ditentukan sebagai berikut: string tersebut akan diproses sebagai integer, kecuali bila mengandung karakter “.” , “e” , atau “E” , maka akan diproses sebagai jenis double. Bila string diawali dengan data numerik yang valid, maka nilai data numerik itulah yang digunakan, selain itu nilai string = 0 (nol). Data numerik valid adalah tanda bilangan (positif atau negatif) yang sifatnya optional diikuti oleh satu atau lebih digit (boleh mengandung desimal), diikuti oleh keterangan eksponen (juga optional). Eksponen adalah sebuah “e” atau “E”, diikuti oleh satu atau lebih digit. Contoh :



Jenis variabel tergantung kepada ekspresi yang ke dua, bila ekspresi pertama berupa sebuah string.


INISIALISASI VARIABEL

Inisialisasi Variabel pada PHP dilakukan dengan cara memberinya sebuah nilai. Namun pada jenis variabel array dan object , digunakan cara yang sedikit berbeda.


Inisialisasi Variabel Array

Sebuah array bisa diinisialisasi dengan dua cara; dengan memberikannya sebuah nilai secara berurutan, dan menggunakan construct array(). Contoh:

Seperti pada C dan Perl, elemen array diawali dengan 0, bukan 1.


Inisialisasi Variabel Object

Inisialisasi variabel berjenis object dilakukan dengan menggunakan statement “new” untuk menyisipkan object ke sebuah variabel. Contoh :


Variabel Luar

Ketika sebuah form dikirim menuju sebuah script PHP, semua variabel yang ada pada form tersebut secara otomatis juga bisa digunakan oleh PHP. Sebagai contoh adalah form berikut:

Ketika dikirim, PHP akan membuat sebuah variabel “$nama”, yang berisi apapun yang diisikan melalui field “Nama: ” pada form.

Ketika mengirim sebuah form, juga bisa menggunakan sebuah gambar daripada sekedar tombol “Kirim” dengan menggunaka tag seperti:

Ketika pengguna meng-klik dimanapun pada gambar, form yang bersangkutan akan dikirimkan ke server dengan tambahan dua buah variabel, yaitu “sub_x” dan “sub_y”. Variabel-variabel ini menyimpan koordinat tempat pengguna mengklik gambar.

0 komentar: